TAMAN MARGARANA











Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana terletak di Di Desa Kelaci Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan – Bali, berjarak sekitar 35 km dari Kuta, dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. 

Monumen ini dibangun pada tahun 1954, delapan tahun setelah peristiwa heroik Puputan Margarana. Diresmikan oleh pemerintah pusat sebagai Taman Pahlawan Pujaan Bangsa  memiliki luas areal mencapai 25 hektar, menampung 1.342 nisan pahlawan perang kemerdekaan Indonesia di Bali.  Monumen ini merupakan saksi bisu terjadinya pertempuran Puputan Margarana 20 November 1946.

Dibangun dengan konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Ketika anda memasuki taman ini, anda akan melihat prasasti yang berisikan nama-nama pahlawan yang dimakamkan di Taman Margarana ini. Mereka adalah pahlawan nasional dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai dalam perang puputan Margarana.

Memasuki bagian depan (hilir), terdapat pelataran upacara, dan dua balai peristirahatan untuk para pengunjung yang ingin bersantai. Di pelatarannya kita juga akan melihat Patung Panca Bakti yang menggambarkan persatuan dan kesatuan seluruh rakyat dalam perjuangan kemerdekaan. Bagian ini disebut Taman Karya Alam.

Memasuki bagian tengah, anda akan melihat  Candi atau Tugu Pahlawan Margarana berdiri megah setinggi 17 meter, dengan atap tumpang (bertingkat) 8, serta pondasi persegi 5 yang melambangkan proklamasi RI 17 Agustus 1945.

Pada tcandi ini juga terpahat secara berangkai isi surat jawaban I Gusti Ngurah Rai kepada Belanda. Surat tersebut menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia yang menolak tunduk kepada  NICA.

Dibagian hulu atau utara dan timur laut areal taman pujaan bangsa margarana ini terdapat Taman Bahagia. Pada bagian inilah anda akan menemukan ribuan tugu kecil (seperti nisan) yang merupakan simbol pahlawan-pahlawan yang gugur dalam puputan ini. Didalamnya termasuk pula sebuah nisan untuk pahlawan tidak dikenal.

Pada areal Taman pujaan bangsa Margarana juga terdapat bangunan Gedung Sejarah. Gedung ini terletak di sebelah Timur Candi Pahlawan Margarana. Gedung ini menyimpan sejumlah benda-benda peninggalan perjuangan kala itu. Seperti senjata hasil rampasan dari tentara NICA, alat komunikasi, alat-alat penyamaran, alat-alat medis, dll.

Sumber : http://paketbalimurah.wordpress.com/2011/12/01/berwisata-sejarah-ke-taman-pujaan-bangsa-margarana/

0 komentar:

Poskan Komentar