WISATA TAMAN SUKASADA UJUNG

               Taman Sukasada Ujung terletak di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Wisata ini terletak kurang lebih 5 km dari kota Amlapura. Taman Sukasada Ujung telah diumumkan sebagai objek wisata budaya mengingat dianggap sebagai satu dari warisan budaya yang ada di Kabupaten Karangasem
Kompleks Taman Sukasada Ujung merupakan kombinasi dari arsitektur Bali dan Eropa. Terdapat tiga kolam besar dan luas di daerah ini. Di tengah kolam utama, terdapat bangunan yang menghubungkan sisi-sisi kolam dengan
Istana Air Ujung, yang oleh masyarakat setempat disebut Taman Sukasada Ujung  atau Taman Ujung ini dibangun pada tahun 1919. Namun, peresmian kompleks istana air ini dialkukan pada tahun 1912. Istana air yang dikonstruksi oleh raja terakhir Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik, yang memerintah di Karangasem antara 1909 dan 1945.
Taman Ujung dibangun untuk menyambut dan melayani tamu-tamu penting dan raja-raja dari negara retangga, disamping sebagi tempat untuk raja dan keluarga kerajaan.
Tempat ini ramai dikunjungi di sore hari karena tempat ini sering digunakan untuk olah rara riga ringan seperti lari. Di sini juga terdapat hewan-hewan yang dipelihara dengan baik. Di sini juga pernah tercetak rekor dengan mengadakan kegiatan megibung (cara makan bersama khas Bali) yang diikuti ribuan orang.

0 komentar:

Posting Komentar